Tips Membersihkan Jok Mobil Mudah dan Murah

Bagi pengguna mobil tentu ingin mobilnya selalu terlihat bersih baik dalam maupun luar. Mobil yang sering dipakai tentu akan kotor, terutama di jok mobil nya. Jok mobil akan terlihat kotor setelah sering diduduki orang ataupun ditaruh barang-barang keperluan pengendara dan penumpangnya. Jok akan mulai terlihat menghitam atau dekil, istilahnya kalo di manusia adalah daki. Untuk membersihkannya agar terlihat baru lagi biasanya kita akan pergi ke salon mobil, yang apabila dihitung hitung lumayan juga merogoh kocek. Nah saya akan memberikan tips mudah untuk membersihkan jok mobil tanpa  harus ke salon mobil ataupun membeli krim pembersih. Alat dan bahannya sudah pasti ada di rumah Anda. 

INGAT ! Tips ini bisa dilakukan hanya pada jok mobil berbahan dasar kulit dan tidak menyerap air.

Alat dan bahan :
- Detergen
- Sikat baju
- Lap kering yang bersih
- Air
- Wadah/baskom kecil
- Sarung tangan

Cara membersihkan :
1. Tuang detergen kurang lebih satu sendok makan ke wadah/baskom
2. Berikan air sedikit saja, jangan seperti mau mencuci baju. Berikan air sekiranya setengah gelas kecil atau lebih, kemudian diaduk rata.
3. Pakai sarung tangan sebelum menyikat. Ini penting karena detergen bahan yang keras untuk kulit sehingga akan menimbulkan rasa perih apabila terkontaminasi terlalu banyak.
4. Celupkan sikat ke detergen tadi kemudian tiriskan/diketuk-ketuk agar air tidak menetes-netes
5. Kemudian sikat bagian-bagian jok mobil dulu, misal bagian kepalanya dahulu. kemudian               langsung lap dengan lap kering. Sikatlah seperti menyikat baju tidak terlalu kencang tidak terlalu       pelan.
6. Nah anda akan langsung melihat efeknya, bandingkan warna kepala jok mobil  dengan badan jok mobil. Terlihat lebih bersih dibanding kursi jok.
7. Celupkan sikat ke detergen lagi, lanjutkan menyikat pada bagian kursi jok, kemudian langsung di lap dengan lap kering agar air tidak mengalir/merembes ke dalam jok.
8. Lanjutkan dengan bagian-bagian jok yang lain, bahkan bagian bawah kursi juga bisa. Selama       bahan tidak menyerap air dan mudah dijangkau tangan. Dan tambahkan detergen bila diwadah           sudah habis.
9. Dibutuhkan tenaga dan waktu untuk melakukan pembersihan seperti ini karena apabila dilakukan sendiri lumayan lama melelahkan dibanding mencuci body mobil :’D
10. Efek yang ditimbulkan setelah pembersihan ini adalah akan terasa licin saat diduduki seperti         ditaburi bedak, tapi efek ini hanya sebentar saja tidak sampai seminggu.

Selamat mencoba !!!

Komentar